Musrenbangdes Desa Wonopringgo Tahun 2020

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Desa Wonopringgo Tahun 2020 telah dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020. Acara yang dihadiri oleh seluruh organisasi desa dan perwakilan lapisan masyarakat desa tersebut dihelat di GSG Pringgodani Desa Wonopringgo. Sesuai fungsinya, musrenbangdes di Desa Wonopringgo diselenggarakan guna memusyawarahkan rencana pembangunan untuk periode anggaran tahun 2021 yang akan dilaksanakan di wilayah Desa Wonopringgo.

Tidak seperti biasanya, acara yang menurut rencananya akan dihelat pukul 20.00 WIB, ternyata dapat dilaksanakan pada waktu yang telah disepakati. Serta akan berakhir pada pukul 23.00 WIB. Acara dibuka oleh Maendi Kustantiyo yang menjabat sebagai Sekretaris Desa Wonopringgo yang pada kesempatan kali ini bertugas sebagai moderator sekaligus pembawa acara. Setelah itu, acara sambung-menyambung dimulai dari menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan dari Kepala Desa Wonopringgo, Perwakilan Kecamatan Wonopringgo, Babinsa Wonopringgo serta dari Perwakilan Puskesmas Wonopringgo. Lalu, dilanjutkan dengan musyawarah.

Baca Juga: Tilik Wonopringgo, Bupati Asip Sebar Benih Ikan

Pada sambutannya, Slamet Haryanto selaku Kepala Desa Wonopringgo menyampaikan, maksud dan tujuan diselenggarakannya acara ini. Supaya musyawarah dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Serta dapat menghasilkan usulan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, karena diusulkan secara langsung oleh masyarakat sendiri.

"Malam ini, kita membikin reng-rengan RKPD (Rancangan Kerja Pemerintah Desa). Nanti dari reng-rengane. Nanti dari reng-rengan, kita pemerintah desa menyusun RKPD. Setelah RKPD disusun, maksimal bulan Desember APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) sudah harus selesai".

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan paparan oleh Kades Wonopringgo, yang menerangkan berbagai hal. Diantaranya adalah tentang penggunaan anggaran pada tahun 2020, seperti APBDes perubahan tahun 2020, Laporan Realisasi Semester 1, Laporan Realisasi Semester 2 yang juga dapat dilihat oleh siapapun yang mengkases website desa ini. Atau, dapat mengunjungi halaman berikut Transparasi APBDes Desa Wonopringgo

Musrenbangdes Desa Wonopringgo Tahun 2020

Hasil Usulan Musrenbandes Desa Wonopringgo Tahun 2020

Musrenbangdes Desa Wonopringgo tahun ini, berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya, karena rangkaian acara dapat dilihat secara utuh melalui TV Wonopringgo. Mulai dari sambutan hingga usulan yang disampaikan oleh masyarakat yang disampaikan pada acara Musrenbangdes tersebut. Untuk dokumentasi lengkapnya, dapat disaksikan pada bagian akhir artikel ini.

Baca Juga: Pemuda Desa dan Babinsa Sinergi Bersihkan Sungai

Berikut adalah rangkuman usulan masyarakat pada acara Musrenbangdes Tahun 2020:

  1. Hadi (Warga RT 04) mengusulkan agar lahan desa yang tidak terpakai untuk dapat digunakan sebagai kemlompok peternak.
  2. Wisman (Tokoh Agama) mengusulkan untuk diadakannya pelatihan beternak kroto dan pembangunan embung di wilayah selatan Desa Wonopringgo supaya petani dapat melakukan tanam dan panen sebanyak 3 periode dalam satu tahun.
  3. Rudi (Paguyuban Pemuda Peduli Lingkungan / P3L) mengusulkan untuk pembuatan keramba di wilayah dukuh Cempreng, pengadaan kolam bundar untuk P3L dan pengadaan bak sampah di rumah warga.
  4. Purnomo (Warga RT 02) mengusulkan untuk pembuatan sumur serta pengadaan pompa air dan genset di wilayah perawahan agar petani dapat melakukan tanam dan panen sebanyak 3 periode dalam satu tahun.
  5. Puji (Ketua RW 02) mengusulkan untuk pengandaan mobil bak terbuka serta penambahan pengelola bank sampah.
Dokumentasi Lainnya:










Copyright © TV Desa Wonopringgo.